Sejarah Awal Makanan Cireng dan Cara Membuat


Sejarah Awal Makanan Cireng dan Cara Membuat - Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an.

Bahan :
Tepung tapioka sekitar 400 gram
Bawang putih bubuk secukupnya (atau bawang putih yg dihaluskan dan ditumis sebentar)
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Seledri cincang dan bawang daun cincang secukupnya
Air panas sekitar 200 ml.

Cara Membuat :
Sejarah Awal Makanan Cireng dan Cara MembuatCampur tepung tapioka dengan bumbu garam, merica, bawang putih bubuk,  daun seledri , dan daun bawang hingga rata.
Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung dan dibentuk. Goreng hingga kecoklatan dengan api sedang.

Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng yang dulu pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Cireng
http://nurmanali.blogspot.com/2011/09/resep-makanan-indonesia-cireng.html
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama