Sejarah Awal Mula Candi Gedong Songo

Sejarah Awal Mula Candi Gedong Songo - Candi Gedong Songo merupakan sebuah bangunan sejarah peninggalan budaya hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi) yang berada di Kecamatan Bandungan, Desa Candi,  Dusun Darum. Bangunan ini berada di atas permukaan laut dengan tinggi 1.200 m  ketika pengunjung kesini akan merasakan suhu udara yang cukup dingin.

Gedong Songo ini dibangun ketika masa pemerintahan Sanjaya, yang dibangun oleh Raja dari Mataram bernama Putera Sanjaya pada abad ke 7-9. Dibangunnya candi sebagai tempat penyembahan dewa Siwa. nama dengan Gedong Songo berasal dari bahasa jawa, Gedong=rumah atau bangunan, Songo=sembilan. Jadi kata Gedong Songo adalah sembilang atau kelompok bangunan, sesuai dengan namanya yang memiliki 9 bangunan.


Ditemukannya candi Gedong Songo pada tahun 1804 oleh Thomas Stamford Bingley Raffles (Raffles) seorang warga negara Inggris, juga diketahui beliau pendiri negara Singapura.

Hingga saat ini Candi Gedong Songo digunakan sebagai tempat objek wisata dengan pemandangan alam yang indah . terdapat juga pemandian air panas dari mata air, wisata berkuda dan area perkemahan.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama