Legenda (Sejarah) Adanya Putri Duyung di Dunia

Dunia memang selalu diliputi jutaan mitos dan misteri yang tak terpecahkan. Banyak yang menganggap itu hanya sekedar imajinasi dan khayalan semata. Namun tak sedikit yang meyakini keberadaanya dan menganggap semua itu bagian dari kemisteriusan alam semesta.

Seperti halnya keberadaan putri duyung, Putri duyung adalah makhluk air yang memiliki tubuh layaknya seorang perempuan dari pinggang sampai kepala, sedangkan bagian tubuhnya dari pinggang ke bawah menyerupai ikan.

Putri Duyung muncul dalam berbagai cerita rakyat banyak budaya di seluruh dunia, termasuk timur dekat (Asia Barat Daya), Eropa, Afrika, dan Asia.
Legenda (Sejarah) Adanya Putri Duyung di Dunia
Ilustrasi Putri Duyung

Hingga saat ini putri duyung masih menjadi sebuah legenda karena belum dapat dibuktikan secara ilmiah keberadaannya. Namun ada beberapa cerita lama yang mengisahkan sejarah dan asal usul kemunculan putri duyung, seperti: 

1. Putri yang Terkutuk 
Bukti sejarah menyatakan bahwa putri duyung berasal dari sekitar tahun 1.000 SM. Asal usul dari putri duyung ini ditulis dalam bentuk naskah tua yang berasal dari budaya Assyria. Para arkeolog di wilayah sekitar mengatakan bahwa masyarakat Assyria sangat percaya bahwa putri duyung adalah seorang putri dari kerajaan yang dikutuk oleh alam. Putri tersebut dikutuk menjadi duyung karena telah membunuh suaminya sendiri. Wujud dari putri itu adalah manusia setengah ikan, di mana bagian pinggang ke bawah putri itu berbentuk seperti ikan. Sosok putri duyung tersebut persis seperti penggambaran yang sering kita lihat di film ataupun di televisi. 

2. Putri yang Patah Hati 
Cerita ini juga berasal dari masyarakat Assyria, namun versinya berbeda dari cerita sebelumnya. Dahulu kala, ada seorang ibu dari Ratu Assyiria bernama Dewi Atargatis. Dewi ini jatuh cinta kepada seorang gembala. Akan tetapi, pada akhirnya ia mati karena rasa cintanya tersebut. Ia malu karena ketahuan mencintai seorang gembala, akhirnya ia menceburkan diri ke danau untuk merubah dirinya jadi seekor ikan. Namun, karena Dewi Atargatis memiliki kecantikan yang sangat sempurna, ia tidak bisa berubah sepenuhnya menjadi ikan. Hanya separuh tubuh bagian bawahnya saja yang menyerupai ikan, tetapi parasnya tetap cantik layaknya seorang dewi. 

3. Putri Duyung Adalah Pengawal Dewi Laut Masyarakat Yunani dan Romawi 
Percaya bahwa putri duyung memang sengaja diciptakan oleh dewa dan dewi laut, seperti Poseidon, Neptune, dan Triton. Dewa dan dewi laut menciptakan putri duyung sebagai pengawal mereka. Putri duyung menemani dan mengawal perjalanan dewa dan dewi saat mengelilingi laut. Bahkan, dalam mitologi Yunani, duyung tidak hanya berjenis kelamin wanita, tetapi adapun duyung pria. Konon, para putra dan putri duyung ini memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Sampai saat ini, masyarakat Yunani menganggap duyung adalah penjaga laut. Mereka sengaja menenggelamkan kapal-kapal yang bermuatan orang-orang jahat atau barang-barang ilegal. 

4. Nelayan yang Terkutuk Masyarakat 
Negeri sakura memilih versi misteri putri duyung yang berbeda mengenai asal usul putri duyung. Dahulu kala, ada seorang nelayan yang mengikuti kepercayaan Shinto. Nelayan ini mengikat janji pada gurunya bahwa ia tidak akan memakan hewan. Namun, nelayan tersebut mengingkari janjinya, ia membunuh banyak hewan untuk dimakan dagingnya. Pada akhirnya, nelayan itu dikutuk menjadi monster setengah ikan yang hidup di dalam laut. Hingga saat ini kepercayaan Shinto melarang pengikutnya untuk mengkonsumsi mahluk hidup yang bernyawa. Jika Anda sedang berjalan-jalan ke Jepang, Anda bisa mampir ke Kuil Shinto yang ada di Fujinomiya. Di sana, Anda bisa melihat bukti adanya putri duyung melalui mumi duyung yang usianya mencapai 1.400 tahun.

Namun, jangan bayangkan mumi ini tampak cantik seperti putri duyung dalam dongeng. Mumi ini lebih cocok disebut sebagai hantu putri duyung karena memiliki berkepala besar dengan sedikit rambut, mata dan mulutnya terbuka, serta wajahnya terlihat seram. 

Bukti Keberadaan Putri Duyung Benar
Benar atau tidaknya legenda yang berasal dari beberapa negara tersebut, ada beberapa bukti bahwa putri duyung memang benar-benar ada. Konon, di kawasan Cornwall, Inggris, ada sebuah batu yang pernah diduduki oleh putri duyung. Putri tersebut duduk di batu itu sembari bernyanyi. Nyanyian yang dilantunkan oleh putri duyung tersebut mengakibatkan tewasnya seorang nelayan lokal. Nyanyian seorang putri duyung dapat membuat orang terpikat. Karena terpikat dan ingin mencari sumber suara indah tersebut, banyak orang yang tewas karena tenggelam. 

Oleh karena itu, nyanyian dari seorang putri duyung memiliki kekuatan mistis yang sangat kuat. Selain itu, keberadaan putri duyung juga dibenarkan oleh seorang pelaut terkenal, Christopher Colombus. Dalam jurnalnya, Colombus menulis bahwa ia pernah melihat tiga putri duyung melintas di sekitar perairan Karibia. Colombus yang sedang dalam perjalanan menuju Rio Del Oro tersebut mengatakan bahwa paras putri duyung tidak secantik lukisan, tetapi benar mereka memiliki rupa manusia. Pernyataan Colombus mengenai putri duyung ini dikutip dari The Diary of Christopher Colombus, 9 Januari 1493.

Referensi:
https://bacaterus.com/misteri-putri-duyung/
http://blogmisteritesla.blogspot.com/2018/02/legenda-putri-duyung.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Putri_duyung
https://www.kaskus.co.id/thread/5a7740e4dc06bd0b678b456e/tak-cuma-legenda-7-putri-duyung-ini-pernah-menampakkan-diri-ada-di-indonesia/
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama