Sejarah Olahraga Cabang Tolak Peluru di Dunia

Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar(peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh jauhnya.

Dalam Bahasa Inggris, Tolak Peluru dikenal dengan nama Shot Put. Olahraga Tolak Peluru atau Shot Put ini sudah menjadi bagian dari Olimpiade Modern.

Konon, tolak peluru telah ada sejak 2000 tahun lalu. Saat itu, olahraga tolak peluru populer di kalangan pria Britania atau Inggris untuk menguji kekuatan para pria. Peluru yang digunakanpun masih berupa batu bukan. Ide olah raga tolak peluru berawal pada abad pertengahan, saat itu meriam menjadi salah satu senjata yang paling mematikan.

Sejarah Tolak Peluru

Jenis olahraga lempar seperti tolak peluru kerap dilakukan untuk menguji kekuatan para pria di Britania atau Inggris, dan sejarah mencatat kegiatan ini sudah ada bahkan sejak 2000 tahun lalu. Tentu peluru yang digunakan masih berupa batu.  Baru pada zaman pertengahan, saat banyak terjadi perang dan senjata yang digunakan berupa meriam besi dengan canon balls sebagai pelurunya, menjadi inspirasi untuk prajurit melakukan perlombaan melempar canon balls tersebut sejauh mungkin. Itu sejarah dari tolak peluru hingga akhirnya menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan hingga saat ini. 
Sejarah Olahraga Cabang Tolak Peluru di Dunia
Cabang Olahraga Tolak Peluru
Skotlandia tercatat pertama kali mengadakan pertandingan di awal abad 19, yang diselenggarakan oleh Inggris tahun 1866. Kala itu pertandingan tersebut masih bersifat kejuaraan amatir. Barulah tahun 1896 tolak peluru masuk pada acara olahraga skala besar yaitu Olimpiade Athena, Yunani.  Perlombaan tingkat amatir mulai diperlombakan dalam kejuaraan yang digelar pada tahun 1866. Barulah pada tahun 1896 olahraga tolak peluru dimasukkan dalam perlombaan olahraga skala besar yakni di Olimpiade Athena, Yunani. Kemajuan terbesar dalam olahraga tolak peluru terjadi di tahun1950, ketika Parry O'Brien memulai tolakannya menghadap bagian belakang ring, metode ini dikenal sebagai metode O'Brien atau lebih di kenal dengan teknik meluncur.

Namun dalam perkembangannya, teknik yang mendapat popularitas adalah teknik berputar yang menggunakan lemparan cakram melintasi ring tolak peluru bukan bergerak ke arah belakang yang telah dilakukan oleh O'Brien. Meski demikian, kedua teknik ini sama-sama mencapai keberhasilan.

Cara Memegang dalam Tolak Peluru

Dalam pelaksanaan olahraga tolak peluru ini memerlukan cara khusus dalam memegang alat tolak peluru atau peluru dari olahraga tolak peluru tersebut. Dengan menggunakan cara yang benar, maka dalam melakukan tolak peluru akan mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat tubuh anda tetap seimbang. Apabila cara dalam memegang tolak peluru sembarangan dan salah dalam cara memegangnya, maka mungkin bisa jadi anda akan terjatuh karena hilang dalam menjaga keseimbangan tubuh anda, serta hasil lemparannya pun tidak bisa maksimal dan jarak yang didapat tidak jauh.

Pertama yang harus anda lakukan adalah meletakkan alat tolak peluru pada telapak tangan anda yang kemudian diikuti dengan menggenggam peluru dengan jari jemari tangan anda dengan kuat. Agar ketika dalam melakukan lemparan atau sedang berputar tubuh anda, peluru tidak terjatuh dari tangan anda.
Cara peletakan dari tolak peluru sendiri yaitu diletakkan diatas jari telunjuk, diatas jari tengah, diatas jari manis. Dan untuk jari kelingking serta ibu jari anda bisa anda gunakan dalam menahan peluru agar tidak terjatuh dari telapak tangan anda yang anda tahan dari samping menggunakan kedua jari tersebut.
Pusatkan kekuatan pada ibu jari anda karena apabila anda tidak memusatkan kekuatan di jari tersebut mungkin anda tidak akan kuat dalam menahan beban dari alat tolak peluru tersebut atau peluru yang telah diletakkan diatas telapak tangan anda.

Cara Memposisikan Peluru

Dalam olahraga tolak peluru ada gerakan dimana sebelum anda melakukan lemparan anda diharuskan untuk memposisikan peluru pada posisi tertentu yang mana bertujuan untuk tubuh anda lebih mudah dalam melakukan lemparan nantinya, serta lemparan yang dihasilkan nantinya dapat maksimal dan mendapatkan jarak yang jauh. Setelah anda mengikuti cara memegang peluru diatas, maka anda harus memposisikan peluru dengan menempelkan peluru pada leher anda dibawah tulang rahang anda dimana dibantu dengan tangan anda sebagai penopang atau penahannya. Kemudian bagian atas dari peluru tersebut ditempelkan pada dagu anda, lalu membentuk siku anda menjadi sudut 90 derajat.

Cara Melakukan Tolakan Pada Peluru

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dalam mendapatkan hasil lemparan yang jauh serta mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan lemparan pada peluru anda haru memperhatikan teknik – teknik yang ada dalam melakukan tolak peluru dan salah satunya yang bisa anda terapkan selanjutnya adalah cara melakukan tolakan dengan benar. Ada beberapa langkah dan tahap – tahap dalam melakukan tolakan terhadap peluru didalam olahraga tolak peluru ini.

Persiapan – Di dalam tolak peluru ketika akan melakukan tolakan ada tahapan dimana atlet harus melakukan persiapan. Caranya dengan berdiri dengan santai sambil melebarkan kaki dengan lebar yang sama seperti bahu, kemudian buatlah posisi tubuh anda menyamping dari tolakan yang telah disediakan sebelumnya. Dan buatlah tangan kanan anda menggenggam peluru dan letakkanlah peluru tersebut pada leher anda pada bagian bawah rahang anda dan secara bersamaan ditempelkan pada bahu anda. Kemudian pada siku anda disebelah tangan kiri anda dibuat bengkok pada dada anda dan membuat pandangan mata anda kearah tolakan di permukaan tanah.

Gerakan – Gerakan yang dilakukan dalam olahraga tolak peluru sendiri harus dilakukan secara seksama dan benar agar ketika melakukan tolakan lebih mudah nantinya dan tidak boleh menggunakan gerakan yang sembarangan. Gerakkanlah kaki anda yang paling dekat dengan sektor untuk melemparkan peluru untuk ayunan persiapan tolakan. Apabila kaki anda diayunkan ke depan, buatlah pinggang anda berputar yang mengarah ke sektor untuk lemparan, kemudian pinggul anda membantu tubuh anda untuk mendorong pada arah depan kebagian atas. Dan itu membuat tubuh anda terlihat condong ke arah depan dimana pandangan anda tetap akan fokus kearah tolakan akan dilakukan.
Akhiran – Tahap terakhir yaitu dengan menggerakkan kaki kanan anda ke arah depan dimana tujuannya adalah menggantikan kaki kiri anda sebagai tumpuan tadinya. Lalu kemudian dengan meluruskan kaki kiri anda ke arah belakang dengan perlahan saja atau santai saja, dan kemudian buatlah lutut pada kaki kanan anda sedikit menekuk. Di saat yang bersamaan buatlah pandangan mata anda tetap mengarah fokus ke arah tolakan akan dilakukan.

Macam Macam Gaya Tolak Peluru

1. Gaya depan

Gaya depan merupakan salah satu sebuah gaya yang bisa di praktekkan di dalam olahraga tolak peluru. Dimana sebelum melakukan awalan sikap yang dibutuhkan adalah membuat posisi tubuhnya menghadap kearah sasaran. Dulu gaya jenis ini banyak di praktekkan oleh atlet olahraga tolak peluru, namun gaya depan ini saat ini sudah sangat jarang sekali ditemui untuk di gunakan oleh atlet olahraga tolak peluru ini dikarenakannya kurang efisien dalam melakukan tolak peluru.

2. Gaya samping

Gaya yang satu ini dianggap sangat umum sekali karena banyak digunakan oleh atlet yang sudah ahli, atlit yang masih pemula, anak sekolahan seperti SMA, SMP, dan sederajatnya. Dengan sikap awalannya dengan berdiri miring menggunakan tangan kanannya sebagai tumpuan. Gaya yang satu ini sangatlah cocok untuk bahan pelajaran bagi seorang pemula yang ingin mencoba menjadi atlet olahraga atletik yaitu tolak peluru.

3. Gaya belakang

Dengan gaya yang satu ini sikap awalan yang yang diperlukan adalah dengan membuat posisi tubuh anda membelakangi arah tolakan. Gaya jenis ini telah banyak di gunakan oleh atlet – atlet profesional dan atlet senior. Tidak cocok bagi anda yang masih pemula untuk menggunakan gaya yang satu ini karena cukup susah untuk dilakukan oleh seorang pemula dan butuh latihan yang khusus agar dapat menguasai jenis gaya yang satu ini.

4. Gaya berputar lempar cakram

Gaya berputar lempar cakram ini hampir sama gerakannya dan teknik dalam pelaksanaannya dengan gaya belakang. Tetapi ada yang berbeda jika dibandingkan dari kedua gaya tersebut yaitu gerakan kakinya yang berbeda, tetapi gerakan kakinya tersebut mirip seperti gerakan kaki seperti menggerakkan kaki ketika akan melempar cakram. Gaya berputar seperti melempar cakram ini sangatlah sulit untuk dilakukan dalam olahraga atletik tolak peluru, oleh karena itu gaya ini jarang sekali ada yang memakainya karena gerakannya yang sulit untuk dikuasai bahkan oleh seorang atlet senior ataupun atlet profesional.


Referensi:
http://olahraga.biz.id/2017/01/pengertian-dan-sejarah-tolak-peluru/
https://gurupenjaskes.com/olahraga-tolak-peluru-sejarah-gaya-dan-tekniknya
http://sejarahmula.blogspot.com/2017/10/sejarah-tolak-peluru.html
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama