Mengulik Sejarah Tari Bidadari Teminang Anak, Bengkulu

Tari Bidadari Teminang Anak merupakan tarian tradisional klasik ini berasal dari Rejang Lebong, Bengkulu. Tarian ini kerap dipentaskan dalam berbagai kegiatan / event di Bengkulu misalnya ketika menyambut tamu agung, tamu kenegaraan, upacara perkawinan dan event lainnya.

Tarian Bengkulu ini dilakukan beberapa perempuan dan satu orang diantaranya memakai busana yang berbeda yang menggambarkan seseorang dari bumi yang diangkat menjadi anak. Gerakan dari tarian ini terlihat dinamis dengan busana khas Rejang Lebong.

Makna Tari Bidadari Meminang Anak
Banyak tari tradisional memiliki makna tertentu dalam tariannya. Demikian pula dengan tari Bidadari Meminang Anak atau sebagian orang Bengkulu menamakan pula Tari Bidadei Teminang. Tari Tradisional Rejang Lebong ini juga memiliki makna tertentu.
Mengulik Sejarah Tari Bidadari Teminang Anak, Bengkulu
Tari Bidadari Teminang Anak
Tari Bidadari Terminang Anak atau Bidadei Teminang jika diartikan yaitu bidadari meminang anak, dinamakan demikian karena memang tari tradisional ini menceritakan  seorang bidadari yang turun dari langit menuju bumi untuk mengangkat seorang anak.

Pertunjukan Tari Bidadari Meminang Anak
Para penari terdiri dari beberapa perempuan, dengan satu perempuan yang memiliki kostum berbeda yang digambarkan sebagai orang bumi yang diangkat anak. Selain itu, kadang juga ditambah dengan beberapa penari laki-laki.

Tarian Bidadari Teminang Anak disajikan dengan gerakan yang cukup dinamis, ritmis dan harmonis antara satu penari dengan penari lainnya. Busana yang dipakai merupakan busana adat khas Rejang Lebong, Bengkulu yang menggambarkan kekayaan dan karakter Rejang Lebong.

Referensi:
https://www.tradisikita.my.id/2018/11/tari-bidadari-terminang-anak.html
https://budaya-indonesia.org/Budaya-Adat-Tari-Bidadari-Teminang-Anak-Bengkulu
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama