6 Profil Dokter Indonesia Wafat Berjuang Mengobati Pasien Covid-19

Baru-baru ini, virus corona baru muncul dan dikenal sebagai COVID-19 memicu wabah di Cina pada Desember 2019, dan merebak di berbagai negara salah satunya di Indonesia sehingga WHO mendeklarasikannya sebagai pandemi global.

Tercatat di Indonesia sampai saat ini (27 Maret 2020), jumlah pasien keseluruhan 893 orang alias tambah 103 orang dari hari sebelumnya. Pasien yang sembuh 35 orang dan 78 meninggal dunia. Selain masyaratkat biasa tak luput pula petugas medis yang bertarung melawan Covid-19 di garda terdepan seperti dokter dan perawat.  Adapun 6 Dokter yang turut menjadi korban keganasan Covid-19 sbb:

Enam dokter yang dimaksud adalah dr Hadio Ali SpS, yang merupakan anggota IDI Cabang Jakarta Selatan, dr Djoko Judodjoko, SpB (IDI Cabang Kota Bogor), dr Laurentius P, SpKJ (IDI Cabang Jakarta Timur), dr Adi Mirsaputra SpTHT (IDI Cabang Kota Bekasi), dr Ucok Martin SpP (IDI Cabang Medan) dan dr Toni Daniel Silitonga (IDI Cabang Bandung Barat).

Kelima nama dokter tersebut dinyatakan meninggal dunia lantaran terpapar virus corona, sementara nama terakhir, yakni dr Toni Daniel Silitonga, dinyatakan wafat bukan disebabkan langsung oleh Covid-19).

Namun begitu, IDI menyebut Toni merupakan sosok yang pada hari-hari akhirnya sibuk mempersiapkan penanggulangan wabah corona di daerah tempat tugasnya. "Alm. dr Toni Daniel Silitonga yang merupakan Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Bandung Barat sekaligus Satgas Tim Penanggulanganm Covid-19 di hari-hari terakhirnya sangat sibuk sekali mempersiapkan fasilitas kesehatan khususnya di wilayah Bandung Barat agar sigap terhadap ancaman Covid-19 serta memberikan edukasi secara luas kepada masyarakat Bandung Barat untuk waspada terhadap Covid-19," demikian keterangan IDI.

"Beliau berpulang dikarenakan kelelahan dan adanya serangan jantung," kata IDI.

Referensi:
https://www.tagar.id/6-dokter-meninggal-dunia-lawan-corona-di-indonesia
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama