Sejarah Tercipta Mobil Merek Mercedes-Benz di Dunia

Jika kamu mendengar kata Mercedes-Benz, yang terbesit dikamu pertama kali yang akadiingat adalah Jerman atau merk mewah Eropa. Sebenarnya, masih banyak yang belum tahu asal muasal dari sejarah Mercedes-Benz ini.

Merk asal Jerman yang satu ini menjadi merk tertua yang ada di dunia dan masih bertahan hingga sekarang. 

Sejarah dari Mercedes Benz dimulai dari seseorang yang bernama Emil Jellinek. Ia adalah pengusaha kelahiran Jerman yang kemudian bermukim di Perancis dan menjadi distributor mobil produk DMG. DMG adalah singkatan dari Daimler Motoren Gesellschaft, perusahaan otomotif yang didirikan oleh Gottlieb Daimler.
Sejarah Tercipta Mobil Merek Mercedes-Benz di Dunia
Icon Logo Mercedes-Benz
Suatu hari, Emil Jellinek meminta Wilhelm Maybach, kepala desainer DMG, agar membuat mobil yang cepat, ringan dan aman. Maybach merupakan orang yang mendisain mobil truk pertama di dunia dan pada tahun 1896 truk ciptaannya mulai diproduksi. Mulai tanggal 1Oktober 1896, mobil hasil rancangannya ini di ekspor untuk pertama kalinya ke London. 

Sepanjang tahun 1930-an, Mercedes-Benz telah memproduksi lebih dari 770 model. Konon, Adolf Hitler tokoh Nazi Jerman juga pernah memakai salah satu model mobil Mercedes-Benz dilengkapi dengan kaca depan anti-peluru selama kekuasaan-nya. Sekarang, mobil yang populer ini dipajang di War Museum yang ada di Ottawa, Ontario. Mercedes-Benz telah memperkenalkan berbagai inovasi teknologi dan keselamatan yang hingga sekarang diterapkan dalam berkendara. Mercedes-Benz adalah salah satu merek otomotif yang paling terkenal di dunia dan merupakan merek otomotif tertua yang masih ada hingga saat ini. 

Pada tahun 1998, Mercedes-Benz melakukan kerjasama dengan Mercedes-AMG yang ter-integrasi dalam DaimlerChrysler dan akhirnya menjadi Mercedes-Benz AMG pada 1 Januari 1999. Antara tahun 2003-2009, Mercedes-Benz bersama dengan McLaren Cars bermitra dalam produksi mobil sport dengan produksi terbatas. Hasil-nya adalah Mercedes-Benz SLR McLaren yang merupakan kolaborasi mesin Mercedes yang digunakan oleh Tim Formula 1 McLaren-Mercedes hingga tahun 2009. Beberapa model Mercedes-Benz antara lain A-Clas, B-Class РMulti Purpose Vehicle (MPV), C-Class РSaloon, Estate & Coup̩, CL-Class РLuxury Coup̩, CLA-Class, CLS-Class, GL-Class dan model produk lainnya. Saat ini Mercedes-Benz telah hadir di berbagai negara di dunia.

Kode yang Jarang Diketahui
Mobil-mobil buatan Mercedes-Benz pada umumnya mengandung kode-kode yang terkadang belum dimengerti oleh para pemiliknya. Jangankan pemiliknya, orang awam saja pasti sulit membedakan kode-kode yang tertera pada bagian buritan kendaraan. Kode-kode ini memiliki arti tersendiri yang menunjukkan spesifikasi yang ada pada mobil Mercedes-Benz.
  • 4Matic : Mobil berpenggerak 4 roda.
  • CGI : Charged Gasoline Injection yang artinya mesin direct injection.
  • CDI : Commonrail Direct Injection mesin Diesel.
  • Huruf (d) di belakang angka : Mesin Diesel.
  • Kompressor : Mesin dengan supercharger.
  • Biturbo : Mesin dengan dua buah turbo.
  • V8 : Mesin konfigurasi V dengan 8 silinder.

Referensi:
https://www.carmudi.co.id/journal/sejarah-mercedes-benz/
https://barliks901.wordpress.com/sejarah-singkat-lahirnya-mercedes-benz/
https://m.merdeka.com/mercedes-benz/profil/#

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama