Sejarah Tradisi Permainan Pinata

Sejarah Tradisi Permainan Pinata Sejarah Tradisi Permainan Pinata - Kata pinata berasal dari bahasa Italia "pignatta" yang berarti bejana yang mudah pecah, karena saat itu pinata dibuat dari bahan tanah liat yang berbentuk seperti buah nanas (guci). Italia? Ya, ternyata permainan pinata awalnya berasal dari Italia. Kemudian permainan tersebut menyebar hingga ke Spanyol. Masyarakat Spanyol menyebutnya pinata (dibaca : pin-yata). Saat bangsa Spanyol menduduki wilayah Meksiko, permainan tersebut diserap oleh orang Meksiko. Kebetulan bangsa Aztec, nenek moyak bangsa Meksiko, telah memiliki permainan serupa yang dimainkan saat perayaan ulang tahun dewa perang mereka.

Jika diteliti lebih jauh, ternyata asal muasal pinata datang dari daratan Cina. Marco Polo-lah yang memperkenalkan pinata kepada bangsa Italia pada abad XII setelah dia melihatnya saat mengunjungi Cina. Ternyata bukan hanya spaghetti yang dibawa Marco Polo dari Cina ke Italia. Bangsa Cina memakainya untuk perayaan menyambut datangnya musim semi yang bertepatan dengan tahun baru Cina. Bentuk pinata tersebut bisa bermacam-macam namun tidak lepas dari tema dunia pertanian, misal lembu dan sapi. Pinata tersebut terbuat dari kertas dan diisi dengan lima macam biji-bijian.

Bentuk pinata di masa kini bisa bermacam-macam. Yang paling populer adalah pinata berbentuk bulat mirip bola. Namun saat sekarang ini jika kita membeli pinata ke toko di Amerika, maka bentuk bola jarang ditemui. Yang ada justru berbagai bentuk pinata dengan gambar Barbie, Winnie The Pooh, Sponge Bob, Dora dan berbagai macam tokoh kartun yang disukai anak-anak. Dan coba tengok di kertas kecil mengenai informasi produksi yang menempel di salah satu sisi pinata, maka akan kita temui tulisan ?Made in China?. Harap maklum, sebagian besar barang di Amerika diimport dari China, termasuk mainan-mainan kecil yang dimasukkan ke dalam pinata.

Cara Permainan Pinata
Biasanya pinata akan digantung, terus si yang ulang tahun akan ditutup matanya dengan blindfold dan dikasih semacam stik kayu (atau stik baseball) untuk memukul pinata itu. Begitu kena, si pinata akan hancur dan berhamburanlah isi dalemnya yang biasanya adalah terdapat macam-macam cokelat dan permen dll.

Referensi:
http://dashtea.blogspot.com/2011/04/pinata.html
http://duniapinata.com/pinata_artikel/
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama