Sejarah Tercipta Mobil Merek Ferrari di Dunia

Jika kita berbicara Ferrari sudah pasti kamu akan langsung terbesit mobil sport yang harganya luar biasa yang hanya dipunyai oleh orang-orang kelas atas.

Profil Enzo Ferrari Pemilik Perusahaan Ferrari

FERRARI S.p.A., adalah sebuah pabrikan/produsen mobil sport yang bermarkas di Maranello, Italia. Didirikan oleh Enzo Ferrari pada 1928 dengan nama Scuderia Ferrari. Perusahaan ini awalnya hanya berkonsentrasi untuk mengontrak pembalap dan memproduksi mobil balapan. Akan tetapi, sejak tahun 1947 mulai memproduksi mobil jalanan mewah untuk konsumsi umum. Sepanjang sejarahnya, Ferrari terkenal mengikuti beberapa kontes balapan, terutama Formula Satu, ajang di mana mereka telah meraih kesuksesan besar.

Ia membangun perusahaannya dengan membuat beberapa mobil sport yang menggunakan namanya dan diberi lambang kuda jingkrak.

lambang kuda jingkrak itu terinspirasi dari sebuah lukisan yang menghiasi badan sebuah pesawat tempur yang diterbangkan oleh Francesco Baracca dalam Perang Dunia I. Awalnya Ferrari menempatkan mesin di bagian depan mobil, seperti mobil-mobil lainnya. Namun, sejak tahun 1961, mesin mobil-mobil Ferrari ditempatkan di belakang.
Sejarah Tercipta Mobil Merek Ferrari di Dunia
Enzo Ferrari
Enzo Ferrari meninggal dunia pada tahun 1988 dan namanya diabadikan sebagai salah satu merek mobil.

Enzo Ferrari tumbuh dewasa dengan sedikit pendidikan formal namun ia memiliki hasrat yang kuat untuk menjadi pembalap. Selama Perang Dunia I, ia bertugas di barisan depan pasukan tentara Italia. Ayahnya, Alfredo, meninggal pada tahun 1916 karena terserang wabah flu yang menyebar luas di Italia pada waktu itu. Ferrari pun juga terserang flu dan ia dibebaskan dari pekerjaannya. Saat tiba di rumahnya, ia mengetahui bahwa keuangan keluarganya dalam keadaan terancam. Ferrari mencoba mencari pekerjaan di Fiat (sebuah perusahaan mobil di Italia) namun gagal, kemudian ia menemukan sebuah pekerjaan di perusahaan mobil yang lebih kecil bernama CMN, mendesain truk bekas menjadi mobil yang lebih kecil. Ia juga menjadi pembalap pada tahun 1919 di tim CMN, tetapi tidak begitu sukses.

Sejarah Ferrari di Kompetisi Balap
Tahun 1949, untuk pertama kalinya Ferrari meraih gelar pertamanya di kompetisi balap lewat pembalap Luigi Chinetti yang memenangkan Lomba Ketahanan Mobil 24 jam Le Mans memakai mobil 166M. Selanjutnya Ferrari mulai mendominasi Kejuaraan Mobil Sport Sedunia yang mulai diselengarakan sejak 1953. Di ajang ini, Ferrari meraih gelar juara konstruktor tujuh kali di sembilan kesempatan pertama. 

Ketika mulai tahun 1962 kejuaraan berubah format, Ferrari masih sempat meraih gelar di tahun 1966, kemudian tahun 1968, dan terakhir tahun 1972. Setelah itu, Enzo Ferrari memutuskan Scuderia hanya akan berkonsentrasi di kejuaraan Formula 1 saja. 
Sejarah Tercipta Mobil Merek Ferrari di Dunia
Salah satu produk mobil ferrari

Hingga saat ini, Ferrari adalah tim tertua dan tersukses yang masih berkompetisi di ajang Formula Satu. Mereka memegang hampir semua rekor yang pernah dicatat di ajang ini. Rekor-rekor tersebut adalah 15 kali juara dunia pembalap (tahun 1952, 1953, 1956, 1958, 1961, 1964, 1975, 1977, 1979, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004 dan 2007), 16 kali juara dunia konstruktor (tahun 1961, 1964, 1975, 1976, 1977, 1979, 1982, 1983, 1999, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004, 2007 dan 2008), 201 kali kemenangan Grand Prix, total poin: 4753,27 poin, 603 kali finis podium, 195 kali pole position, 12,489 kali memimpin lap, dan 205 kali lap tercepat. Semua rekor ini dibukukan dalam 758 kali balapan Grand Prix. 

Sedangkan para pembalap yang pernah memperkuat Ferrari adalah: Tazio Nuvolari, José Froilán González, Juan Manuel Fangio, Luigi Chinetti, Alberto Ascari, Wolfgang von Trips, Phil Hill, Olivier Gendebien, Mike Hawthorn, Peter Collins, Giancarlo Baghetti, John Surtees, Lorenzo Bandini, Ludovico Scarfiotti, Jacky Ickx, Mario Andretti, Clay Regazzoni, Niki Lauda, Carlos Reutemann, Jody Scheckter, Gilles Villeneuve, Didier Pironi, Patrick Tambay, Michele Alboreto, Gerhard Berger, Nigel Mansell, Alain Prost, Jean Alesi, Eddie Irvine, Rubens Barrichello, Michael Schumacher, Kimi Räikkönen dan Felipe Massa.
Ia meninggalkan CMN pada tahun 1920 dan menjadi pembalap di tim Alfa Romeo (sebuah perusahaan mobil di Italia), ia berhasil meraih sukses yang lebih dari sebelumnya. Pada tahun 1923, ia mengikuti balap mobil di Ravenna dan mendapatkan penghargaan berupa badge The Prancing Horse (kuda jingkrak) yang mendekorasi pesawat Francesco Barraca (seorang pemimpin pasukan Italia). Logo ini menunggu selama 9 tahun sampai akhirnya dipakai menjadi lambang mobil balap. Pada tahun 1924,

Enzo Ferrari meninggal pada 14 Agustus, 1988 di Modena pada umur 90. Kematiannya tidak dipublikasikan sampai dua hari kemudian oleh permintaan Enzo. Dia meninggal di awal kekuasaan McLaren Honda kombinasi. Satu-satunya perlombaan yang McLaren tidak menang pada 1988 adalah Grand Prix Itali. dipegang hanya minggu-minggu hasilnya 1-2 putus bagi Ferrari, hubungan dengan Gerhard Berger yang memimpin di rumah Michele Alboreto. Setelah kematian Ferrari, tim Scuderia Ferrari semakin sukses, khususnya dengan Michael Schumacher, Felipe Massa dan Kimi Räikkönen. Ia menyaksikan balap mobil Ferrari F40 sesaat sebelum kematiannya. Pada 2003, sebuah mobil diluncurkan dengan nama Enzo Ferrari. Membuat Cavaliere del Lavoro pada 1952, untuk menambah kehormatannya Cavaliere dan Commendatore di 1920s, Ferrari juga mendapat sejumlah tingkat kehormatan, Hammarskjöld Prize pada 1962, Columbus Prize pada 1965, dan De Gasperi Award pada 1987. Pada 1994, dia secara anumerta dilantik ke dalam International Motorsports Hall of Fame.

Profil Si Ferrari (Cavallino Rampante) 
Simbol yang terkenal untuk tim balap Ferrari adalah kuda jingkrak (bahasa Italia: Cavallino Rampante) berwarna hitam dengan latar belakang perisai kuning, yang ditambahkan inisial huruf SF (untuk Scuderia Ferrari), dan tiga strip garis hijau, putih dan merah (warna bendera nasional Italia). Sedangkan lambang yang digunakan di mobil jalanan Ferrari ialah lambang kuda jingkrak yang terpasang di hidung mobil dan pada beberapa model tertentu lambang juga terpasang di kedua sisi mobil. 

Asal mula digunakannya simbol kuda jingkrak berawal saat Enzo Ferrari memenangkan sebuah ajang reli yang digelar di Ravenna, Italia. Setelah ajang reli selesai dia berjumpa dengan Countess Paolina, ibu dari Count Francesco Baracca, seorang pilot terkenal Italia yang juga adalah pahlawan Perang Dunia I. Count Francesco Baracca dikenal selalu memasang gambar kuda jingkrak di badan pesawatnya. Singkatnya, Countess Paolina lalu meminta Enzo Ferrari untuk memasang gambar kuda jingkrak di setiap mobil Ferrari untuk mendatangkan kemujuran. 

Enzo lalu mendesain ulang gambar kuda jingkrak yang nantinya akan digunakan di setiap mobil Ferrari. Hasil desainnya agak sedikit berbeda dengan gambar kuda jingkrak versinya Count di mana ia mengganti warna gambar kuda dari merah menjadi hitam (sebagai penghormatan kepada Count yang gugur dalam sebuah pertempuran udara) dan mengubah arah kibasan ekor kuda menjadi menghadap ke atas. Enzo juga menambahkan warna latar kuning di belakang gambar kuda jingkrak sebagai penghormatan kepada kota kelahirannya, Modena, yang juga memakai warna sama di lambang kota. 

Ferrari mulai menggunakan lambang kuda jingkrak sebagai lambang resmi perusahaan pada 1929. Lambang kuda jingkrak juga sempat dipakai oleh tim balap Ferrari saat mereka masih bernaung di bawah pabrikan Alfa Romeo pada 1932. 

Namun, motif gambar kuda jingkrak ini sebenarnya sudah lama ada karena motif serupa dapat ditemukan di koin-koin kuno peninggalan kerajaan Rowawi tempo dulu. Itulah sebabnya mengapa Ferrari bukan satu-satunya pemakai gambar kuda jingkrak. Kota Stuttgart di Jerman juga memakai gambar kuda jingkrak sebagai lambang kota. Di Stuttgart sendiri ada dua pabrikan mobil terkenal yang bermarkas di sana, yaitu Mercedes-Benz dan Porsche. Dua pabrikan ini merupakan saingan utama Ferrari dan Alfa Romeo di ajang balapan era 1930-an. Nama kota Stuttgart berasal dari kata bahasa Jerman lama, Stutengarten, yang berarti kuda jantan dan jika diterjemahkan ke bahasa Italia menjadi Scuderia. Sebagai catatan, Porsche juga mengadopsi simbol kuda jingkraknya kota Stuttgart sebagai lambang perusahaannnya. Dua perusahaan lain yang juga memakai lambang serupa adalah: Avanti (perusahaan retail bahan bakar Austria), dan Iron Horse Bicycles (pabrikan sepeda asal AS). 

Fabio Taglioni, seorang pembalap sepeda motor tim Ducati asal Italia, juga sempat memakai lambang kuda jingkrak di sepeda motornya. Tagliano menggunakan lambang tersebut karena ayahnya juga adalah salah seorang pilot Italia di Perang Dunia I, walaupun tidak satu skuadron dengan Count Francesco Baracca. Tetapi setelah era pembalap ini selesai, Ducati, yang kemungkinan sudah bersepakat dengan Ferrari, tidak lagi memakai lambang kuda jingkrak di sepeda motor mereka. 

Kini, lambang kuda jingrak dan frase Cavallino Rampante (The Prancing Horse/Kuda Jingkrak) telah dipatenkan oleh Ferrari walaupun ada beberapa perusahaan lain yang menggunakan lambang dan nama yang hampir sama.

Jenis Mobil Ferrari yang sudah Di Produksi
Berikut adalah mobil-mobil yang diproduksi Ferrari dari yang awal hingga yang terbaru:

Mobil Ferrari 599 GTB 60F1 2012
Mobil Ferrari 599 GTB 2007 Novitec
Mobil Ferrari Warna Silver (Perak)
Mobil Ferrari Enzo
Mobil Ferrari F12 Berlinetta 2013
Mobil Ferrari Mansory 458 Spider 2012
Mobil Gemballa MIG-U1 Ferrari Enzo 2010
Mobil Novitec Rosso Ferrari F430 Scuderia 747 Edition 2010
Mobil Novitec Rosso Ferrari F430 Scuderia 747 Edition 2010
Mobil Ferrari 458 Italia Desain A. Kahn 2012
Mobil WheelsandMore Ferrari 599 GTO 2012
Mobil Novitec Ferrari California RACE 606 2011
Mobil Wheelsandmore Ferrari F12 Berlinetta 2012
Mobil Ferrari 458 Italia China 2012 Edisi Spesial
Mobil Ferrari Warna Ungu
Mobil Ferrari F430
Mobil Ferrari 458 Italia 2010
Mobil Ferrari 599 GTO 2010
Mobil Mansory Ferrari 458 Italia Siracusa 2011
Mobil Ferrari SA Aperta 2011
Mobil Ferrari 612 Scaglietti
Mobil Ferrari 599 XX Evoluzione 2012
Mobil Ferrari Warna Oranye
Mobil Novitec Rosso Ferrari 458 Italia 2011
Mobil Ferrari Warna Merah Muda (Pink)
Mobil Ferrari California
Mansory 599 GTB Fiorano Stallone
Mobil Edo Competition Ferrari Enzo XX Evolution 2010
Mobil Novitec 599 GTB Fiorano 2009
Mobil Wheelsandmore Ferrari 458 Italia 2011
Mobil Novitec Rosso Ferrari 599 RACE 848 2010
Mobil Ferrari Warna Hitam
Mobil Ferrari F50 Super Car
Mobil Hamann Ferrari 612 super car
Mobil Ferrari 360 Modena, Spider and Challenge Stradale
Mobil Fenice Milano Ferrari 360 Modena ‘Su Misura F101′
Mobil Ferrari F430 CALAVERA
Kontes Design Ferrari Dunia
Mobil Novitec Rosso Ferrari California Supercharged 2010
Mobil Ferrari 599 GTB Fiorano 2010
Mobil Pininfarina Ferrari Sergio Concept 2013
Mobil Ferrari 599 GTB Fiorano
Mobil Ferrari Warna Merah
Mobil Novitec Rosso Ferrari FF 2012
Mobil Novitec Rosso Ferrari F12 Berlinetta 2012
Mobil Ferrari Warna Hijau
Mobil Novitec Rosso Ferrari 599 GTO 2011
Mobil Ferrari F430 Scuderia Spider 16M 2009
Mobil Ferrari 458 Italia Grand Am 2012
Mobil Ferrari Scuderia Spider 16M 2009
Mobil Novitec Scuderia Spider 16M 2009
Mobil Ferrari SP12 EC 2012
Mobil Novitec Rosso Ferrari 458 Spider 2012
Mobil Novitec Rosso Ferrari 599 SA Aperta 2012
Mobil Ferrari LaFerrari 2013
Mobil Ferrari FF 2012
Mobil Ferrari FXX
Mobil Ferrari Warna Putih Mulus
Mobil Edo Competition Ferrari FXX 2008
Mobil Ferrari California Desain Afzal Kahn 2011
Mobil Ferrari Warna Kuning
Mobil Wheelsandmore Ferrari 458 Italia Spider Perfetto 2012
Mobil Edo Competition Ferrari Enzo
Mobil Ferrari Warna Biru

Referensi:
http://www.asal-usul.com/2009/02/ferrari-lompatan-sejarah-si-kuda.html
https://www.kaskus.co.id/thread/554c6cbec1cb1713768b4567/sejarah-ferrari-dan-model-ferarri-dari-masa-ke-masa/
http://abahnews.blogspot.com/2016/02/sejarah-singkat-perusahaan-produk-mobil.html
إرسال تعليق (0)
أحدث أقدم