Sejarah Awal Adanya Hari Ayah Nasional di Indonesia

Selamat hari ayah nasional yang jatuh pada tanggal 13 November 2015 yang bertujuan untuk mempertingati jasa para ayah yang di Indonesia. Sebenarnya untuk peringatan hari ayah masih hal yang asing  karena belum sepopuler hari ibu. Hal ini terkait dengan deklarasi yang dilakukan oleh PPIP (Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi) di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah.

Deklarasi serupa juga dilaksanakan oleh anggota PPIP lainnya di Maureme, Flores, NTT. Deklarasi tersebut dilaksanakan pada 12 November 2006.
Sejarah Awal Adanya Hari Ayah Nasional di Indonesia

Semenjak saat itu, muncul kesepakatan bahwa Hari Ayah Nasional di rayakan pada setiap tanggal 12 November. Gress Raja, Ketua PPIP kala itu menjelaskan, sosok ayah tidak dapat dipisahkan oleh sosok ibu. Terlebih, menurut Raja, sosok ayah adalah sosok penting dalam membangun karakter keluarga.

Kemudian, untuk menandakan perayaan tersebut paten di Indonesia, PPIP mengirimkan piagam hari ayah ke mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Piagam tersebut juga dikirim ke empat bupati yang ada di Sabang, Merauke, Talaud, dan Pulau Rote. Dengan dasar tersebut, Indonesia memastikan Hari Ayah Nasional dirayakan pada tanggal 12 November. Namun, penetapan tersebut berbeda dengan yang ada di Amerika.

Sedangkan Di AS dan lebih dari 75 negara lainnya, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong, Hari Ayah dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni.

Di puluhan negara tersebut, perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak awal abad ke-12. Biasanya, Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Di Indonesia masih belum lama ini di peringati hari ayah nasional.

Selamat Hari Ayah Nasional, Wahai Para Ayah di Indonesia! 

Referensi:
http://teknologi.inilah.com/read/detail/2251912/google-doodle-rayakan-hari-ayah-nasional
https://www.selasar.com/gaya-hidup/sejarah-hari-ayah-nasional
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama