Menguak Sejarah Benda Pisau Hadir di Dunia

Pisau, sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Sebagai alat tertua yang dimiliki manusia, pisau telah mendampingi manusia sejak zaman prasejarah hingga kini. Penamaannya pun beragam. Dalam bahasa Inggris, pisau diartikan knife, blade, sword, hingga dagger, bergantung pada bentuknya. Di Indonesia, penamaannya cenderung kepada pisau (atau senjata) khas sebuah yang memang memiliki bentuk khusus.

Mengenai proses pembuatan pisau berkembang seiring perkembangan peradaban manusia.Bisa dikatakan pembuatan pisau menggambarkan tingkat peradaban manusia saat sebuah bilah pisau itu dibuat.Melalui sebuah pisau bisa diketahui teknologi tertinggi saat itu.Mulai bentuk awal pisau yang berubah dari waktu ke waktu, evolusi bentuk, bahan dan teknologi pembuatan pisau mengikuti perkembangan tren teknologi pada zamannya.
Sejarah Benda Pisau Hadir di Dunia
Pisau model dulu

Pada zaman batu, pisau pertama kali dibuat dari batu Flint yaitu sejenis batu yang mengkilap dan mempunyai sisi tajam.Dengan bentuk tidak lebih dari serpihan batu, batu ini dapat dengan mudah dibentuk dengan ketajaman yang diinginkan.Mata pisau dari batu inilah yang kemudian meningkatkan kemampuan manusia pada zaman batu untuk berburu, mencari makanan, dan membuat tempat berlindung.Perkembangan selanjutnya pisau batu ini telah mengalami pengasahan, teknologi awal pengasahan memungkinkan manusia pada saat itu untuk memperoleh pisau flint yang mempunyai permukaan halus dengan ketajaman yang tinggi.Sejak saat itu teknologi pengulitan hewan buruan menjadi berkembang pesat.Pembuatan benang dari serat pepohonan pun mengantarkan manusia ke peradaban yang lebih tinggi.

Sekilas Tentang Pisau

Manusia memiliki ikatan yang cukup kuat dengan alat-alat yang menyertai dalam peradabannya.Setiap pembuatan sebuah pisau menggambarkan dimana alat tersebut pantas digunakan. Contohnya pisau Bolo, bentuknya yang panjang dan ramping digunakan di daratan Filiphina dan sangat cocok digunakan oleh para pekerja hutan di daerah tersebut.Tetapi Machete dari Amerika Selatan mempunyai bentuk yang lebih kokoh dan sangat cocok digunakan di pedalaman Amazon yang lebih rapat dengan kayu hutan yang keras.Contoh yang lainnya adalah bentuk lengkung yang dimiliki oleh pisau petarung Ghurka yang digunakan juga sebagai  pisau berburu.

Pada saat ini pisau menjadi alat yang sangat berguna, baik dalam rumah tangga seperti memasak.Ibarat barang yang sangat dibutuhkan, pisau seakan-akan melekat di kehidupan.

Referensi:
https://murahgrosir.com/sekilas-tentang-pisau/
http://info.pikiran-rakyat.com/?q=info-kita/kenali-ragam-pisau-tradisional
https://asalmula.wordpress.com/2009/02/19/pisau/
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama