Sejarah Terciptanya Alat Makan Garpu di Dunia

Penggunaan garpu merupakan budaya turun temurun di Barat, sedangkan di Asia Timur sumpit lebih umum digunakan, terutama untuk makan mi. Tapi saat ini, garpu telah tersedia dalam jumlah besar di Asia Timur. Dan juga, garpu yang pasangan dari sendok ini digunakan oleh manusia sebagai alat untuk makan.

Untuk pertama kalinya, garpu diketahui dipakai oleh orang-orang Mesir kuno dan orang-orang Quijia yang hidup di China antara 2400 dan 1900 Sebelum Masehi. Beberapa ribu tahun kemudian, garpu menjadi alat makan populer di bagian barat dan utara benua Eropa. Popularitas garpu di dunia Barat menyebar melalui Jalan Sutra ke Venesia. 
Sejarah Terciptanya Alat Makan Garpu di Dunia
Garpu dari masa ke masa
Salah satu bukti tercatat paling awal dari garpu di Venesia adalah dari cerita yang berasal dari abad ke-11, yaitu ketika pernikahan putri Bizantium, Theodora Anna Doukaina dengan Domenico Selvo. Dalam pernikahan ini garpu emas dijadikan sebagai bagian dari mas kawin. Popularitas garpu mulai berkembang selama abad ke-16 M karena jasa trend setter Catherine de Medici. Dia membantu mempopulerkan garpu (serta pasta, minyak zaitun, chianti dan pemisahan manis dan gurih) dengan tabel Perancis setelah menikah dengan Raja Henry II.

Macam dan Jenis Garpu
- Garpu makan
- Garpu kue
- Garpu daging dan ika

Referensi:
http://www.sejarahdk.com/2016/07/sejarah-sendok-garpu-dan-pisau.html
http://zonapencarian.blogspot.com/2010/03/sejarah-sendok-dan-garpu.html
https://www.liputan6.com/global/read/3400628/tahukah-anda-sejarah-garpu-terkait-kelezatan-pasta-italia
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama