Sejarah Perusahaan Smartphone Xiaomi di Dunia

Xiaomi adalah perusahaan elektronik dan software yang bertempat di Beijing, Cina. Xiaomi mendesain, mengembangkan, dan menjual smartphone, aplikasi ponsel, laptop dan produk lain yang berhubungan dengan elektronik.

Xiaomi dimiliki oleh swasta milik pribadi seorang berasal dari Tiogkok dan berkantor pusat di Beijing Cina. Berdiri pada 2010 Xiaomi menjadi perusahaan besar dan menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Tiongkok. Bahkan Xiaomi menjadi produsen paling laris ke tiga di dunia dalam penjualan smartphone. Berawal pada agustus 2011 awal Xiaomi merilis ponsel cerdas petamanya yang mendapat respon bagus di daratan Tiongkok Xiaomi yang dipimpin oleh Lei Jun memperluas pangsa pasar ke luar daratan Tiongkok. Lei Jun sendiri termasuk dalam orang ke 23 terkaya di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaannya kemudian berkembang pesat hingga sekarang memiliki saham lebih dari 10 miliar USD dan memiliki karyawan lebih dari 5000 karyawan dari berbagai negara.

Pengambilan nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yang memiliki arti Beras Kecil. Menurut Lei Jun sendiri nama Xiaomi memiliki arti sangat besar. Xiao berarti sebutir beras dalam konsep Buddha sama besarnya seperti Gunung dan Mi sendiri singkatan dari Mobile Internet atau juga bisa disebut Mission Imposibble karena pendirinya sendiri mendapatkan banyak masalah ketika mendirikan Xiaomi hingga terlihat mustahil untuk diselesaikan.
Sejarah Perusahaan Smartphone Xiaomi di Dunia
Logo Xiaomi
Xiaomi sendiri memiliki firmware sendiri bernama MIUI yang diluncurkan pada tanggal 16 agustus 2010. Firmware ini ditanamkan pada ponsel pertamanya yaitu Mi 1 dengan firmware MIUI yang hampir menyerupai Touchwis samsung dan juga iOS dari Apple.

Perkembangan Smatphone Android Xiomi semakin cepat dari mulai Mi 2 yang dirilis pada bulan Agustus 2012 sampai Mi Note Pro yang dirilis pada bulan Januari 2015. Xiomi juga memiliki tablet yang tak kalah dari samsung dan juga apple, tablet tersebut bernama Mi Pad yang diliris pada bulan maret 2014.

Menurut International Data Corporation (IDC), Smartphone Xiaomi kini menjadi produsen ponsel cerdas terbesar ketiga di dunia diikuti oleh Lenovo dan juga LG yang masing-masing berada urutan keempat dan kelima.

Untuk urutan pertama masih dipegang oleh Samsung meskipun produksinya menurun, dan kedua ditempati oleh Apple. Xiaomi menjadi vendor ponsel cerdas terbesar di Tiongkok pada tahun 2014, setelah menyalip Samsung, menurut laporan International Data Corporation (IDC).

Referensi:
http://sarankeuangan.blogspot.com/2018/01/menguak-sejarah-berdirinya-xiaomi.html
https://www.idsejarah.net/2016/06/sejarah-berdirinya-perusahaan-xiaomi.html
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama