Sejarah / Profil Awal Berdiri Negara Mesir

Nama asli Mesir adalah Al-Jumhuriyah Al-Arabiyah El-Misriyah. Nama internasionalnya Arab Republic of Egypt. Mesir menjadi republik sejak tahun 1953, sebelumnya berbentuk kerajaan yang diperintah oleh Raja Farouk. Presiden pertama republik ini adalah Gamal Abdul Nasser. Tahun 1958 Mesir dan Suriah bergabung membentuk negara Republik Persatuan Arab. Namun pada tahun 1961 gabungan ini terpecah karena kemudian Suriah menarik diri. Sampai sekarang Mesir bernama Republik Arab Mesir, dengan ibu kota Kairo (Cairo).

Pemerintah Mesir

Mesir merupakan Negara republik sejak 18 juni 1953, sebelumnya Negara ini berbentuk monarki yang diperintah oleh Raja Farouk. Presiden pertama republik Mesir adalah Gamal Abdul Nasser. Tahun 1958 Mesir dan Suriah bergabung membentuk negara Republik Persatuan Arab. Namun pada tahun 1961 gabungan ini terpecah karena kemudian Suriah menarik diri dan membentuk pemerintahan sendiri. Sampai sekarang Mesir bernama Republik Arab Mesir, dengan ibu kota Kairo (Cairo). Nama lain Negara Mesir ialah Al-Jumhuriyah Al-Arabiyah El-Misriyah sementara nama internasionalnya adalah Arab Republic of Egypt.
Sejarah / Profil Awal Berdiri Negara Mesir
Bendera Negara Mesir

Penduduk Mesir

Saat ini penduduk Mesir telah menembus angka 89.471.500 jiwa. Hampir seluruh penduduk Mesir berdiam di lembah dan Delta Sungai Nil. Daerah ini termasuk salah satu daerah yang terpadat penduduknya di dunia. Mereka mayoritas petani atau fellahin. Sebagian besar (93%) penduduk Mesir beragama Islam. Mayoritas penduduk mesir beragama islam dan menggunakan bahasa Arab untuk berkomunikasi sehari-hari, bahasa Inggris digunakan dalam keadaan formal saja.

Perekonomian Mesir

Mesir tergolong sebagai salah satu Negara maju di kawasan Afrika, saat ini perkapita negeri piramida ini mencapai  $11.194 per tahunnya. Sektor pertanian Negara Mesir berkembang dengan pesat. Agar produksi pertanian meningkat, di bangunlah beberapa bendungan, yaitu bendungan Aswan, Khartum, Asviut, dan Kairo, tujuannya yaitu untuk irigasi lahan pertanian dan juga untuk mencegah bahaya banjir. Produk pertanian Mesir adalah kapas, tebu, padi, jagung, gandum, gula, kurma dan minyak zaitun. Sektor pertambangan juga mendukung perekonomian Mesir. Pertambangan di Mesir yang telah berkembang antara lain,adalah minyak bumi, fosfat, bijih besi, dan mangan. Dan terakhir, sektor peternakan banyak diusahakan oleh penduduk nomaden yang berdiam di daerah gurun. Ternak yang dipelihara adalah jenis hewan ternak besar yaitu, domba, biri-biri, dan unta.

Tentang Negara Mesir :

Luas wilayah : 1.001.449 km persegi
Ibu kota : Kairo
Bentuk pemerintahan : Republik
Hari Revolusi : 23 Juli
Kepala Negara : Presiden
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Presiden : Muhamad Mursi (2013)
Perdana Menteri : Hazem el-Beblawi
Lagu kebangsaan : Ha Ni An Be Au Tu Da To Samil Ma Kam
Jumlah Penduduk (2013) : 76.117.421 jiwa.
Bahasa : Arab, Inggris
Agama mayoritas penduduk : Islam
Mata uang : Pound Mesir
Bandar udara internasional : Kairo Mesir
Perusahaan penerbangan : EgyptAir

Referensi:
https://www.sejarah-negara.com/2013/09/tentang-negara-mesir.html
http://zonazeruu.blogspot.com/2016/04/mesiradalah-sebuah-negara-yang.html

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama